Sabtu, 16 Juni 2012

Komponen SQA

Komponen SQA sistem diklasifikasikan sebagai berikut :
          Komponen Pra dan Pre Proyek
          Komponen Siklus Hidup Proyek Kegiatan Penilaian
          Komponen Infrastruktur Pencegahan Kesalahan dan Perbaikan
          Komponen Manajemen Kualitas Perangkat Lunak
          Komponen Standardisasi, Sertifikasi dan Penilaian Sistem SQA
          Mengorganisir SQA – Komponen Manusia


gambar Arsitektur komponen SQA Sistem 

Komponen Pra dan Pre Proyek adalah langkah persiapan sebelum proyek dimulai, terdapat dua tahap yang harus dilakukan tim developer dalam melakukan penjaminan kualitas software yaitu : Contract Review, dan Development and Quality Plans, yang mana didalamnya berisikan aktifitas-aktifitas sebagai berikut : menentukan kebutuhan pelanggan, menentukan jadwal proyek, menentukan perkiraan-kebutuhan sumber daya, tenga kerja yang diperlukan dalam pembangunan software, mengevaluasi resiko dalam proyek, dan menentukan penggunaan metodelogi

Komponen Siklus Hidup Software Proyek 
terdiri dari :
  1. Formal Design Review  dan Peer Review yang nantinya hasil dari review merupakan daftar kesalahan dalam pendefinisian kebuatuhan pada awal proyek.
  2. Pendapat para ahli. pendapat para ahli dibutuhkan jika organisasi pengembangan internal kurang mampu dalam melakukan keputusan karena kurangnya pengetahuan pada ruanglingkup tertentu sehingga pendapat seorang ahli sangat di butuhkan dalam hal ini.
  3. Pengujian Software merupakan komponen SQA untuk meninjau jalannya software, pengujian-pengujian dapat dilakukan pada bagian-bagian modul software, integrasi software dan keseluaruhan software. 
  4. Pemeliharaan Software pemeliharaan software diketegorikan menjadi sebagai berikut : 
    • pemeliharaan korektif yaitu mengkoreksi kesalahan-kesalahan pada software dan kegagalan-kegagalannya.
    • pemeliharaan adaptif yaitu mengadaptasi software untuk menambah fungsi software tanpa merubah software.
    • pemeliharaan fungsi perbaikan yaitu penikatan kaulitas software dan perbaikan-perbaikan software.
  5.  Jaminan Kualitas untuk external partisipan
Kualitas Komponen Infrastruktur untuk menghilangkan atau mengurangi tingkat kesalahan dalam organisasi yang meliputi : Prosedur dan instruksi kerja, Template dan checklist, Pelatihan staf, pelatihan ulang, dan sertifikasi, Pencegahan dan tindakan korektif, Konfigurasi manajemen, dan Kontrol Dokumentasi.
 Komponen Manajemen SQA sebagai kontrol dalam pengembangan dan pemeliharaan serta pengenalan kepada managerial untuk meminimalkan jadwal dan anggaran, yang meliputi : Proyek kemajuan kontrol sebagai pendeteksi munculnya situasi yang menyebabkan penyimpangan, Metrik kualitas software sebagai pengukur SQA untuk kualitas fungsional, produktivitas dan aspek organisasi proyek, biaya kualitas software sebagai sebagai pengendali dana agar lebih efisien.

Komponen SQA standar, sistem sertifikasi, dan penilaian.
SQA standar di bagi menjadi 2 yaitu :
  1.  Manajemen kualitas standar. memperbaiki kualitas dari tim developer untuk melakukan sertifikasi agar proyek menjadi lebih terjami kualitasnya.
  2.  Proses proyek standar. merupakan standarisasi dalam melakuan penggerjaan seperti  IEEE 1012 dan  ISO / IEC 12207 
Pengorganisasian untuk SQA – komponen manusia
terdiri dari :
  1. SQA Manajement
  2. SQA Unit
  3. SQA Trusted
  4. SQA Committes
  5. SQA Forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar