Senin, 11 Juni 2012

Staff Training And Certification

Dalam perusahaan atau organisasi pasti dibutuhkan suatu pelatihan maupun sertifikasi guna menjamin kualitas dan kinerja sumber daya manusia yang berkecimpung mengani segala aktivitas perusahaan. Maka dalam hal ini pelatihan staf dan sertifikasi, merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan kualitas kerja, memastikan kapabilitas staf tercapai dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi.

Staff training adalah serangkaian kegiatan pelatihan yang mana ditujukan kepada staf untuk melakukan penambahan kemampuan dan pengetahuan mengenai hal tertentu yang mana dibutuhkan dalam pekerjaan. Nantinya Output yang dihasilkan dari pelatihan tersebut akan dilakukan certification, hal tersebut sebagai bukti bentuk pemenuhan kompetensi yang telah didapatkan pada training.

Dalam lingkup software development, pelatihan staff dan sertifikasi erat kaitannya dengan penjaminan kualitas software. Hasil sertifikasi yang didapatkan dari serangkaian pelatihan tersebut merupakan alat (tools) yang berguna sebagai tolak ukur penjaminan kualitas suatu software.

Berikut ini beberapa tujuan dari pelatihan staff dan sertifikasi, yaitu :
  • Menjamin kesesuaian standar organisasi dengan produk perangkat lunak yang dihasilkan.
  • Menambah kemampuan dan pengetahuan staff, agar sesuai dengan kebutuhan dalam hal software development hingga proses maintenance yang dilakukan.
  • Memperbarui kemampuan dan pengetahua staff yang telah ada sebelumnya, sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan SI/TI terkini.
  • Transfering knowledge mengenai penjaminan kualitas software (SQA)
  • Untuk memenuhi kapabilitas, kemampuan dan pengetahuan staff yang direkomendasikan menempati posisi jabatan tertentu pada perusahaan atau organisasi (System Analyst, Project Leader, Programmer, dsb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar