Jumat, 15 Juni 2012

Quality Metrics

Process Metrics

Process Metrics pengembangan perangkat lunak dapat masuk ke dalam salah satu dari kategori berikut:
*   Software process quality metrics :  dapat diklasifikasikan menjadi dua kelas yaitu Error density  metrics dan Error severity metrics.  
* Software process timetable metrics : merupakan Pendekatan alternatif menghitung rata-rataketerlambatan penyelesaian milestone.
*  Error removal effectiveness metrics : dapat mengukur efektivitas dari penghapusan kesalahan  (effectiveness of error removal) oleh sistem penjaminan kualitas perangkat lunak setelah periode operasi  rutin dari sistem.
*  Software process productivity metrics : mencakup metrik "langsung" metrik yang menangani proyek produktivitas sumber daya manusia serta "tidak langsung" metrik yang fokus pada sejauh mana penggunaan kembali perangkat lunak.



Product Metrics

kategori ini terkait dengan software maintenance. kemudian susunannya diklasifikasikan sebagai berikut:
HD quality metrics 
jenis dari HD (Help desk Service) quality metrics terdiri dari :
- HD calls density metrics
- Severity of HD calls metrics
- Success of the HD services  

* HD productivity and effectiveness metrics
Productivity metrics berhubungan dengan total sumber daya yang diinvestasikan selama periode yang ditentukan, sedangkan effectiveness metrics berhubungan dengan sumber daya yang diinvestasikan dalam menanggapi customer call

* Corrective maintenance quality metrics 
menangani beberapa aspek kualitas layanan pemeliharaan yang diklasifikasikan sebagai berikut:
- Software system failures density metrics
- Failures of maintenance services metrics  
- Software system availability metrics
  
* Corrective maintenance productivity and effectiveness metrics
Berkaitan dengan total sumber daya manusia yang diinvestasikan dalam menjaga sistem perangkat lunak tertentu, corrective maintenance effectiveness berkaitan dengan sumber daya yang diinvestasikan di koreksi dari kegagalan tunggal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar