Process Metrics
Process Metrics pengembangan perangkat lunak dapat masuk ke dalam salah satu
dari kategori berikut:
* Software process
quality metrics : dapat diklasifikasikan menjadi dua kelas yaitu Error
density metrics dan Error severity metrics.
* Software process
timetable metrics : merupakan Pendekatan alternatif menghitung
rata-rataketerlambatan penyelesaian milestone.
* Error removal
effectiveness metrics : dapat mengukur efektivitas dari penghapusan kesalahan
(effectiveness of error removal) oleh sistem penjaminan kualitas
perangkat lunak setelah periode operasi rutin dari sistem.
* Software process
productivity metrics : mencakup metrik "langsung" metrik yang
menangani proyek produktivitas sumber daya manusia serta "tidak
langsung" metrik yang fokus pada sejauh mana penggunaan kembali perangkat
lunak.
Product Metrics
kategori
ini terkait dengan software maintenance. kemudian susunannya diklasifikasikan
sebagai berikut:
* HD
quality metrics
jenis dari HD (Help desk Service) quality metrics terdiri
dari :
- HD
calls density metrics
- Severity
of HD calls metrics
- Success
of the HD services
* HD
productivity and effectiveness metrics
Productivity metrics berhubungan
dengan total sumber daya yang diinvestasikan selama periode yang ditentukan,
sedangkan effectiveness metrics berhubungan dengan sumber daya yang
diinvestasikan dalam menanggapi customer call
* Corrective maintenance quality metrics
menangani beberapa aspek
kualitas layanan pemeliharaan yang diklasifikasikan sebagai berikut:
- Software
system failures density metrics
- Failures
of maintenance services metrics
- Software
system availability metrics
* Corrective
maintenance productivity and effectiveness metrics
Berkaitan dengan total
sumber daya manusia yang diinvestasikan dalam menjaga sistem perangkat lunak
tertentu, corrective maintenance effectiveness berkaitan dengan sumber daya
yang diinvestasikan di koreksi dari kegagalan tunggal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar